4 Syarat Mendapatkan KPR Subsidi

Memperoleh pembiayaan rumah melalui subsidi, pasti tak ada yang menolak. Selain lebih murah, promosi yang ditawarkan program kredit pemilikan rumah (KPR) bersubsidi ini biasanya menggiurkan. Berbeda dengan membeli rumah fasilitas KPR normal, bunga yang dibayarkan sampai lunas untuk KPR subsidi bisa sampai 100%.

Jenis KPR rumah bersubsidi merupakan program yang disiapkan pemerintah bekerja sama dengan Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera). KPR rumah ini disebut juga KPR sejahtera FLPP (fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan). Program ini untuk keluarga yang benar-benar berasal dari keluarga menengah ke bawah. Selain itu dikhususkan bagi Anda yang belum pernah memiliki rumah.

Sasaran program ini adalah Anda yang baru akan mengajukan KPR rumah untuk pertama kali. Dengan demikian, bagi yang sudah memiliki satu rumah, dua atau lebih, tidak berhak lagi mendapatkan subsidi. Untuk program terbaru FLPP 2015, Anda mendapatkan bantuan, antara lain down payment(DP) Rp4 juta, DP hanya 1% (khusus BTN), hingga pemangkasan bunga KPR dari 7,25% jadi 5% per tahun flat hingga 20 tahun.

Syarat-syarat dari KPR sejahtera FLPP ini,
1. Penduduk yang mempunyai penghasilan tetap, dan maksimal penghasilan 4 juta rupiah per bulan
2. Belum pernah mempunyai rumah
3. Belum pernah mendapat subsidi dari Kemenpera
4. Sudah memiliki nomor NPWP
Setelah memenuhi syarat-syarat yang telah ditentukan, Anda harus segera menentukan rumah atau lahan yang akan Anda tinggali.

Kemudian, Anda dapat mendatangi pengembang perumahan untuk mengetahui tipe-tipe rumah yang mana sajakah yang bisa masuk kriteria rumah bersubsidi. Sebaiknya letak rumah tersebut strategis dan tidak jauh dari fasilitas umum yang memadai.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan harga hunian tidak melebihi dari subsidi yang diberikan. Setelah mendatangi pengembang dan mendapatkan rumah yang diidamkan, Anda sebaiknya memperhitungkan perkiraan angsuran yang harus dibayar kepada bank.

Anda juga perlu mempertimbangkan apakah kemampuan finansial Anda dapat tercukupi dan masih ada bagian untuk kehidupan sehari-hari. Setelah menyiapkan syarat-syarat pengajuan KPR, Anda bisa langsung mendatangi bank KPR bersubsidi guna untuk mengajukan pinjaman jenis KPR rumah yang telah ditunjuk pemerintah. Anda harus membayar uang muka kepada pihak bank.

Di sisi lain pihak bank juga akan melakukan akad kredit kepada Anda sebagai calon nasabah. Jika pengajuan Anda belum disetujui pihak bank, sebaiknya Anda mempelajari apa saja yang masih belum lengkap dalam pengajuan tersebut. Dengan begitu, pada pengajuan selanjutnya, berkas-berkas Anda telah siap.

Namun, jika telah disetujui, sebaiknya Anda melunasi pinjaman atau angsuran KPR secara tepat waktu. Dengan demikian, pihak bank juga akan memberikan kepercayaan kepada Anda dan memberikan kemudahan dan fasilitas yang memadai. Cara lainnya, Anda juga bisa datang langsung ke kantor bank cabang penyalur FLPP.

sumber