7 Hal Yang Menghambat DP Rumah Subsidi

Informasi mengenai rumah subsidi saat ini sangat mudah didapat. Rekan-rekan bisa mencari informasi langsung di bank, pengembang properti, media sosial, atau pameran properti. Hal ini membuat Anda bisa menyiapkan banyak hal sebelum memiliki rumah subsidi, termasuk menyiapkan DP (down payment atau uang muka).

Meski demikian, ada berbagai hal sepele yang bisa menghambat persiapan DP tersebut. Jadi, Anda harus lebih cermat menghindari tujuh hambatan berikut ini.

 

Tidak Menyiapkan Rekening Khusus
Menyiapkan rekening khusus akan membuat Anda lebih disiplin mengumpulkan DP rumah subsidi. Ketika baru mendapatkan gaji setiap awal bulan, langsung sisihkan sebagian gaji tersebut pada rekening khusus yang sudah disiapkan. Cara ini akan membuat Anda tidak tergoda menggunakan gaji untuk hal-hal lain yang kurang penting.

Tidak Memanfaatkan Autodebet
Meski sudah memiliki rekening khusus, ada kalanya Anda lupa menyisihkan tabungan atau dana terpakai untuk hal lain. Di sinilah fungsi menggunakan autodebet. Beberapa bank memiliki produk tabungan sampingan yang dananya langsung didebet dari tabungan utama. Besaran dana yang didebet bisa ditetapkan sesuai kemampuan nasabah dan jumlahnya tetap. Ini adalah cara sederhana yang sangat efektif. Tanpa sadar Anda mengumpulkan cukup banyak dan menghindari dana terpakai.

Belum Melunasi Angsuran Lain
Tentu sulit menabung jika Anda masih ada angsuran untuk hal lainnya, misalnya kendaraan atau kartu kredit. Sebelum mengajukan cicilan untuk rumah subsidi, sebaiknya kondisi finansial Anda bebas dari angsuran lainnya. Jika tidak memungkinkan, usahakan untuk memprioritaskan pelunasan cicilan lain. Setelah angsuran hampir selesai, Anda bisa mengalokasikan dana lebih banyak untuk DP rumah subsidi.

Melewatkan Informasi Program Bantuan DP
Pengembang rumah subsidi umumnya memiliki promo atau penawaran untuk meringankan DP berupa cicilan ringan atau diskon. Jangan lupa untuk menanyakan adanya promo atau diskon kepada pengembang pilihan Anda. Selain itu, pemerintah juga menggagas program bantuan DP bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR). Anda bisa memanfaatkan program ini bila kebutuhan akan rumah subsidi sudah semakin mendesak.

Enggan Melirik Investasi
Memiliki investasi adalah salah satu cara efektif untuk menambah jumlah DP. Anda bisa memilih investasi logam mulia yang tidak rumit dan risikonya kecil. Ketika nilai emas sedang meningkat, Anda bisa menjualnya untuk menambah tabungan DP rumah.

Mengumpulkan DP memang tidak sebentar dan butuh kecermatan. Namun, kondisi finansial akan kembali stabil setelah memiliki hunian pribadi sebagai investasi berikutnya.

sumber

Untuk informasi bisa menghubungi kami di 081379689006 / 081949465961